Yakinlah Usaha Konveksi Tak Ada Matinya

Yakinlah Usaha Konveksi Tak Ada Matinya

azizkonveksi.com – Berdasarkan survey di lapangan, banyak pengusaha yang berhasil menjalankan usaha konveksi baik secara kecil-kecilan, menengah dan besar maupun rumahan yang terletak di pedesaan maupun perkotaan.

Hal tersebut tak terlepas dari pangsa pasar yang sangat besar pada  bisnis konveksi. Selain itu, persaingan bisnis konveksi masih lemah. Sehingga penjualan dan pemasaran usaha konveksi sangat mudah dilakukan dari nol sampai berhasil.

Baca Juga: Kisah sukses konveksi jilbab

Analisa Usaha Konveksi Rumahan   

Usaha konveksi yang dijalankan di dalam rumah bukanlah jenis usaha baru di tanah air. Bisnis ini sudah ada sejak lama dan terus berkembang sampai sekarang. Bisa dibilang usaha konveksi yang dijalankan di rumah sangat menjanjikan dan menguntungkan baik dari pelaku usaha tersebut maupun bagi lingkungan sekitar.

Misalkan bisnis konveksi mampu menyerap banyak tenaga kerja yang berarti turut serta mengurangi jumlah pengangguran dan kemiskinan di Indonesia.  Seperti yang dilakukan oleh salah seorang sahabat penulis yang berprofesi sebagai pengusaha konveksi. Ia mampu membiayai hidup anak dan isterinya melalui bisnis konveksi kerudung yang dijalankan di desa.

Seiring berjalan waktu, usaha konveksi semakin berkembang pesat yang membuat para tenaga kerja semakin banyak. Pendek kata, peluang usaha konveksi masih terbuka lebar hingga saat ini.  

Keuntungan Usaha Konveksi

Ada beberapa keuntungan bagi seseorang menjalankan bisnis konveksi secara rumahan, antara lain:

▪ Pasar Luas

Setiap orang memerlukan baju dan pakaian sebagai kebutuhan utama manusia. Hal inilah yang dilakukan usaha konveksi dalam rangka menyediakan kebutuhan pakaian bagi manusia di muka bumi.

Dan saat ini berdasarkan hasil riset bahwa jumlah penduduk Indonesia terus bertambah banyak pertahun yang membuat bisnis konveksi sangat menguntungkan saat ini dan di masa mendatang. Sebab keperluan baju, pakaian maupun segala hal yang berkaitan dengan garmen akan bertambah besar.

▪ Omset Besar

Disebabkan pangsa pasar yang sangat besar dan masih terbuka luas dari bisnis konveksi membuat setiap usaha konveksi menjanjikan keuntungan besar.

Berdasarkan penuturan para pengusaha konveksi di berbagai daerah di Indonesia bahwa setiap usaha konveksi yang memiliki 10 orang tenaga kerja dan dijalankan di rumah dapat menghasilkan laba bersih sekitar Rp 6 juta sampai Rp 11 juta perbulan.

Tentu keuntungan yang cukup menggiurkan bukan. Namun untuk meraih kesuksesan bisnis konveksi tersebut tidak mudah, seseorang mesti bekerja keras melalui proses panjang dari nol. Selama ia kreatif, kerja keras, ulet, pantang menyerah dan kerja cerdas maka rasanya tak ada yang mustahil meraih keberhasilan bisnis konveksi.

Pada waktu tahun ajaran baru atau memasuki masa sekolah saat ini penulis terkaget. Dimana para orangtua murid berbondong-bondong membeli baju seragam bagi anaknya yang akan masuk sekolah.

Di berbagai toko pakaian seragam sekolah di desa penulis, seragam sekolah SD, SMP dan SMA laris manis dibeli konsumen hingga ludes. Hal inilah yang menggambarkan usaha konveksi pakaian seragam sekolah sangat menjanjikan untuk dijalani. Dan pada masa tahun ajaran baru, bisnis konveksi akan laku keras.  

▪ Modal Kecil

Untuk memulai bisnis konveksi tidaklah perlu dengan modal besar. Dengan modal kecil bahkan tanpa modal, seseorang bisa memulai usaha konveksi secara rumahan. Yang penting adalah anda mendapatkan pesanan produk konveksi. Soal pembayaran bisa dimuka atau belakang sesuai kesepakatan bersama. Namun jika anda ingin bisnis konveksi tanpa modal maka bisa meminta uang muka terlebih dahulu kepada konsumen.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.