Syarat Membuka Usaha Konveksi Batik atau Batik Fashion

Syarat Membuka Usaha Konveksi Batik atau Batik Fashion

azizkonveksi.com – Memulai bisnis fashion sejatinya merupakan bisnis yang tergolong cukup mudah dan ekonomis, sebut saja  fashion batik. Karena bisnis ini bisa dimulai dengan modal sangat terbatas, hingga miliaran rupiah. Dan yang membuat kita bersemangat, karena mencari batik amatlah mudah, dan murah.

Ingat, batik telah merambah seluruh Indonesia hingga internasional; tidak jarang Anda temui selebriti lokal dengan bangga mengenakan batik dalam ajang bertaraf internasional. Batik pun sudah dapat digolongkan di dalam industri fashion untuk semua kalangan, baik menengah ke bawah hingga kelas atas.

Read More: yuk memulai bisnis konveksi batik

Sehingga di sektor batik fashion, memang terbuka lebar bagi pendatang baru, maupun pemain lama di dunia fashion. Tidak sedikit pelaku usaha yang mulai merambah bisnis batik atau berpindah jalur ke industri mode ini.

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis batik, terdapat beberapa poin penting yang harus diperhitungkan:

Usaha konveksi batik atau batik fashion menjadi menarik karena modalnya yang tidak terlalu tinggi, tetapi banyak pelaku usaha yang menyalah-artikan modal besar dengan peluang bisnis yang semakin besar.

Sesuaikan modal dengan rencana bisnis sekarang hingga ke depannya. Untuk memudahkan Anda, susunlah proyeksi keuangan bisnis selama 3 tahun ke depan sehingga Anda memiliki gambaran berapa jumlah modal yang tepat untuk Anda tanam.

Selain bergantung pada operasional usaha, modal awal juga bergantung pada supplier batik, lokasi jualan, dan promosi. Dengan memperhitungkan seluruh aspek bisnis, Anda akan terhindari dari kerugian akibat harga modal yang terlalu tinggi.

Menghabiskan terlalu banyak uang untuk modal awal tidak menjamin kelangsungan usaha. Modal yang tidak terlalu tinggi pun dapat mengantisipasi kerugian bisnis yang terlalu banyak.

Hanya memang harus mempertimbangkan lokasi untuk outlate, yakni lokasi strategis merupakan kunci kesuksesan suatu bisnis; semakin banyak peminat batik yang ada di lingkungan lokasi jualan, maka penjualan batik Anda akan semakin meningkat.

Mengingat batik cocok untuk semua kalangan, pilihlah lokasi yang didatangi oleh banyak orang.

Lokasi yang dekat pasar, sekolahan atau pusat kota merupakan tempat yang dapat dipertimbangkan. Selain itu, manfaatkan definisi batik sebagai corak tradisional Indonesia dengan berjualan di tempat-tempat wisata. Dengan berjualan di tempat wisata, tidak hanya turis lokal, anda pun dapat menarik minat turis asing.

Lokasi juga membentuk kompetisi pasar jualan Anda; jika tempat tersebut ramai dengan para peminat batik, maka otomatis dapat ditemui banyak penjual batik.

Untuk memastikan keunikan dibandingkan kompetitor lainnya, tidak ada salahnya untuk meninjau lokasi jualan Anda terlebih dahulu. Perhatikan segmen pasar yang masih terbuka, selain tipe dan macam, Anda dapat bersaing dari sisi harga dan kualitas.

Anda perlu menciptakan pangsa pasar baru dengan melakukan promosi secara giat dan efektif. Kepiawaian dalam mempromosikan produk dapat membedakan Anda dengan pengusaha sukses dan pengusaha gagal. Konsep yang unik dalam melakukan promosi dapat membantu pembeli untuk mengingat produk batik Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.