Menjajagi Selera Pasar Batik Fashion

Menjajagi Selera Pasar Batik Fashion

azizkonveksi.com – Mengenakan batik sebenarnya tidak hanya saat menghadiri acara pernikahan atau acara formal lainnya.Batik bisa juga dipakai di berbagai acara, bahkan untuk acara santai sekalipun.

Seiring dengan berkembangnya zaman dan berjalannya waktu juga berkembangnya dunia fashion, batik telah menjadi salah satu kain yang bisa dijadikan berbagai pakaian modis, anggun serta menawan.

Ada berbagai macam pakaian yang berbahan dasar kain batik. Pakaian-pakaian ini bahkan bisa digunakan di acara apapun mulai dari acara formal, acara santai juga acara semi formal.

Dipadukan dengan celana jeans, dibuat dress sepanjang lutut hingga dibuat gaun panjang yang syar’i, dibuat atasan yang cute dan menawan hingga dibuat rok bahkan kulot, kain batik selalu bisa membuat penampilan kita makin elegan.

Mengenai warna dari kain batik pun ada beragam. Mulai dari warna yang cerah, warna yang cukup gelap atau warna-warna yang terlihat anggun dan menawan.

Tak hanya membuat anggun dan menawan orang dewasa, pakaian batik yang dipakai anak-anak pun akan membuat mereka terlihat makin cakep, cute dan menggemaskan.

Tips memulai bisnis konveksi batik

Selera Pasar Batik Fashion

Batik sebenarnya salah satu pakaian yang siap membuat siapa saja terlihat makin mempesona dan luar biasa.

Batik merupakan baju khas warisan kebudayaan bangsa Indonesia. Suatu kebanggaan besar ketika memakai batik buatan asli Indonesia. Jika Anda pria modern dan mencintai budaya Indonesia, saya rasa Anda pasti punya minimal 1 baju batik di lemari pakaian Anda.

Batik yang merupakan suatu identitas bangsa mulai kembali trend dan dilestarikan akhir dekade ini. Yang dulu para pemuda enggan memakai batik karena batik berkesan tua, tidak gaya dan kolot itu kini mulai bangga memakai batik produk asli Indonesia.

Berbagai macam corak unik dan warna menjadikan batik Indonesia ini sangat spesial. Hampir setiap daerah mempunyai motif/corak yang khas. Oleh karena banyak motif dan warna batik sehingga kadang kita bingung memilih batik mana yang cocok.

Bagaimana membuat pakaian batik menjadi elegan dan terkesan mewah saat dikenakan ? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para pengusaha konveksi bati, atau batik fashion.

Pertama, ukuran ( fitting ). Kebiasaan membeli baju atau rok batik, di toko menjadi masalah dikemudian hari karena ukuran tidak cocok dengan tubuh anda.

Atau batik yang anda belu kebesaran, lebar ke samping, atau panjang baju kurang. Sehingga kesannya menjadi lucu saat dipakai.

Bagaimana membuat produk batik yang pas dengan ukuran tubuh konsumen, sebaiknya konveksi batik atau batik fashion, membuat beberapa koleksi produk dengan berbagai ukuran orang, atau sebaiknya nada memiliki sample model dan warga, baru kemudian konsumen melakukan fitting.

Yang diperhatikan pengusaha konveksi batik

Berikutnya, soal warna atau corak. Para pengusaha atau calon pengusaha konveksi batik, atau batik fashion, penting untuk anda ketahui bahwa tidak setiap orang suka warna mencolok, atau tidak setiap orang suka warga redup.

Artinya apa ? Di sisnilah para desainer, di perusahaan Anda harus jeli melihat trend, dan motif atau warga yang sedang in di pasaran. Agar aapa yang bakal anda produksi, setidaknya bisa mendekati selera pasar, bukan selera anda yang “dipaksakan” menjadi selera umum.

Karena mengambil langkah, memproduksi batik sesuai selera pengusaha adalah gambling luar biasa. Beruntung jika warna dan motif yang anda pilih untuk diproduksi disukai pasar. Jika tidak tentui akan membuat anda merugi besar.

Nah, pada hakekatnya, mempublish sampe, di media massa atau media sosial sangatlah penting. Yang kedua, melakukan survei lebih awal terhadap selera pasar dan tren yang sedang berkembang sangat perlu, ketika, membuat size, atau ukuran yang tidak selalu berdasarkan ukuran normatif “tex book “ lalukan juga survei bentuk body, tinggi rendah orang, dan selera yang dimintai, agar apa yanmg anda produksi menjadi mendekati cocok dengan apa yang dimaui konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.